Selasa, 22 Mei 2018

Cara Cek E Toll Melalui Berbagai Media

Cara cek e-toll - Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju. Segala hal yang dulu merepotkan bisa dibuat lebih praktis dengan adanya teknologi. Salah satunya dalam metode pembayaran, misalnya saja pembayaran retribusi jalan tol. Dulu saat melewati jalan tol kita perlu menyiapkan uang tunai kemudian berhenti dan menunggu pelayanan dari petugas. Misalnya uang yang kita bayarkan lebih besar, maka waktu kita berhenti tentu menjadi lebih lama. Akibatnya kendaraan di belakang kita harus menunggu dan mengantri.
Hal di atas dirasa tidak lagi efisien untuk masa sekarang. Apalagi jumlah kendaraan di jalanan semakin bertambah dari hari ke hari. Atas dasar permasalahan tersebut, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan pembayaran toll menggunakan fasilitas e-toll. Kartu e-toll membuat proses pembayaran menjadi lebih singkat sehingga para pengendara tidak perlu berhenti lama di loket toll. Sehingga kemacetan atau antrian di belakangnya bisa dihindari. di bawah ini adalah beberapa cara untuk melakukan cek saldo e-toll dengan mudah.

Cara Cek E-Toll Lewat Mesin ATM

Cara untuk mengecek e-toll yang pertama bisa dilakukan melalui mesin ATM terdekat. Saat ini mesin ATM bisa dengan mudah dijumpai. Di bawah ini adalah langkah-langkah mengeceknya.

1. Tekan tombol warna hijau yang tersedia di mesin ATM.

2. Selanjutnya pilih menu E-money. Kemudian pilih E-Toll.

3. Langkah berikutnya, tempelkan kartu e-toll milik anda pada panel yang disediakan di mesin.

4. Tunggulah beberapa saat. Perhatikan layar mesin ATM, maka akan muncul jumlah saldo e-toll.

5. Itulah saldo yang saat ini anda punya dalam kartu e-toll anda.

Cara Cek E-Toll Lewat Internet Banking

Cara cek e-toll yang kedua bisa dilakukan melalui internet banking. Semua bank saat ini telah melengkapi layanan mereka dengan menyediakan internet banking untuk memudahkan setiap transaksi nasabahnya. Tidak terkecuali untuk mengecek e-toll. Pada masing-masing bank, cara mengeceknya berbeda tergantung pada jenis layanannya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cek saldo melalui Mandiri internet banking. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Anda harus teregistrasi sebagai pengguna layanan Mandiri internet banking.

2. Jika sudah punya, kunjungi layanan Mandiri Internet banking melalui smartphone maupun laptop.

3. Masukkan User ID dan juga PIN kemudian login.

4. Pilih menu “Uang Elektronik” yang disediakan.

5. Selanjutnya, pilih menu “e-Toll” lalu pilih informasi saldo.

6. Ketik 16 digit angka sesuai yang ada di kartu e-toll anda. Pilih menu kirim.

7. Tunggu beberapa saat hingga muncul jumlah saldo e-toll anda.

Cara Cek E-Toll Lewat Mandiri Mobile

Selain mengecek melalui Mandiri Internet banking, kita juga bisa mengecek e-toll melalui layanan Mandiri Mobile. Layanan ini juga lebih praktis karena bisa diakses kapan saja melalui smartphone kita. Di bawah ini cara ceknya lewat Mandiri mobile.

1. Pertama-tama, anda harus mempunyai aplikasi Mandiri E-money. Jika belum punya aplikasi tersebut, anda bisa mendownloadnya di Google Play Store. Kemudian install di ponsel anda.

2. Buka aplikasi tersebut.

3. Tempelkan kartu e-toll milik anda ke belakang ponsel dan tunggulah beberapa saat.

4. Perhatikan layar ponsel, maka akan muncul jumlah saldo yang ada dalam kartu e-toll anda.

Itulah tiga cara cek e-toll yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Perlu anda tahu kartu e-toll merupakan kartu multifungsi. Selain bisa dimanfaatkan sebagai alat pembayaran retribusi toll juga bisa digunakan untuk beragam transaksi lainnya, misalnya berbelanja.
Cara Cek E Toll Melalui Berbagai Media Rating: 4.5 Posted by: Aggil Pondaag

0 komentar:

Posting Komentar