Tata Cara Beli Game di Steam Secara Mudah

Tata Cara Beli Game di Steam Secara Mudah - Negara kita masih dicap sebagai negara dengan tingkat pembajakan hak cipta yang tinggi. Game komputer merupakan salah satu yang terbanyak dibajak oleh para gamers dari Indonesia. Game bajakan memang dijual berharga murah. Uang untuk membeli sebuah game PC asli contohnya dapat dipakai menebus hingga 5 buah game bajakan. Sehingga tidak aneh bila kebanyakan gamer PC di tanah air hobi untuk urusan membeli game bajakan.
Mungkin sebagian besar gamers di Indonesia tak tahu bila game original pun dapat dibeli dengan harga murah. Caranya dengan membelinya di layanan distribusi digital yang salah satunya adalah Steam. Berikut tata cara beli game di Steam dengan harga murah. Mula-mula Anda mesti mengakses website Steam dengan alamat di http://store.steampowered.com/ yang merupakan situs after sales buatan Valve yang menyediakan bermacam fitur pelengkap yang menarik di samping layanan utamanya berjualan game komputer.

Anda harus memilik akun lebih dulu di sana. Mekanisme registrasinya sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Hanya dengan memverifikasi lewat e-mail pribadi dan akun Anda di Steam sudah aktif dan bisa digunakan. Sesudah melakukan log in, Anda akan disajikan halaman depan yang umumnya menampilkan informasi mengenai game-game terbaru atau diskon harga untuk pembelian game tertentu. Salah satu kelebihan layanan Steam yakni mereka memberikan layanan tambahan secara berkala bila ada promo khusus game-game tertentu baik itu untuk game indie atau game keluaran pengembang terkenal.

Diskon harga yang disediakan pun bervariasi mulai potongan 10 persen sampai ada yang 90 persen. Artinya game yang harga normalnya dibanderol Rp.500 ribu bila mendapat diskon 90 % maka bisa ditebus hanya dengan uang Rp.70 ribu. Jangka waktu penawaran khusus tersebut pun bervariasi mulai seminggu sampai sebulan. Untuk memilih-milih game apa saja yang sedang turun harga, Anda dapat membuka menu "Special" di menu utama. Sebagai sarana pembayaran pihak Steam memberikan dua opsi yakni menggunakan Steam Wallet atau membayar dengan credit card yang Anda miliki.

Steam Wallet dapat di-top up secukupnya, dengan begitu pemakaiannya akan lebih aman. Untuk mengisi Steam Wallet anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga dengan pembayaran menggunakan transfer bank atau bahkan cukup dengan potong pulsa. Unipin adalah salah satu layanan pengisian balance Steam Wallet. Beberapa operator telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat dan XL pun memberikan fitur pengisian Steam Wallet menggunakan carrier billing atau pootng pulsa. Pembayaran dengan kartu kredit pun tetap aman sebab sistem keamanan Steam sudah teruji dengan baik.

Game yang telah dibeli akan berada di Steam Library sehingga anda tidak usah panik bila game yang ada di komputer anda terhapus dan anda ingin menginstalnya lagi. Gameyang sudah dibeli boleh dipasang berulang-ulang dengan syarat sesuai dengan pemilik akunnya. Nah game original ternyata bisa kan diperoleh dengan harga murah. Kecuali menghargai pembuatnya, Anda pun akan mendapatkan bermacam fitur menarik yang tak dapat dibuka bila menggunakan game bajakan.