Cara Membeli Reksadana di Bank Mandiri

Cara Membeli Reksadana di Bank Mandiri - Reksadana adalah salah satu produk investasi yang mana nasabah memasrahkan sejumlah dana yang dimilikinya untuk dikelola manager investasi (MI) yang nantinya akan ditanamkan dalam saham, obligasi ataupun forex. Kepemilikan reksadana diwujudkan sebagai unit penyertaan dimana harga unit penyertaan setiap harinya bisa meningkat atau menurun menyesuaikan keadaan pasar. Kondisi itu dinamakan dengan resiko investasi. Reksadana bisa dimiliki dengan membelinya ke manager investasi maupun lewat agen penjual yang salah satunya adalah bank. Bank Mandiri adalah satu agen penjual reksadana secara retail yang terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK), dengan Surat Tanda Terdaftar No. 07/BL/STTD/APERD/2007 tanggal 21 Februari 2007.
Secara umum ada beberapa kelebihan berinvestasi di reksadana yaitu : Reksadana menempatkan dananya pada beberapa jenis instrumen investasi untuk meminimalkan resiko, reksadana dikelola oleh Manajer Investasi yang telah mengantongi ijin dari BAPEPAM-LK, likuiditas yang tinggi artinya reksadana bisa diuangkan kapan saja sesuai keinginan nasabah dan banyak pilihan reksadana sesuai dengan tingkat resiko dan imbal hasil yang dinginkan.

Caramembeli reksadana di bank Mandiri cukup simpel dengan pembelian awal setidaknya Rp.500 ribu. Yang diperlukan adalah dana yang akan diinvestasikan dalam reksadana, KTP dan juga NPWP. Produk reksadana yang tersedia di bank Mandiri adalah dari sejumlah manajer investasi dengan pilihannya berupa reksadana pendapatan tetap, pasar uang, campuran dan reksadana saham. Seperti disebutkan sebelumnya untuk pembelian (subscription) awal minimal Rp.500 ribu. Sedangkan untuk pembelian berikutnya menyesuaikan dengan harga unit reksadana yang diinginkan. Beberapa jenis reksadana yang dijual di bank Mandiri bisa dibeli hanya dengan Rp.100 ribu.

Sayangnya tak setiap cabang bank Mandiri menyediakan layanan pembelian reksadana, namun cuma ada di beberapa cabang tertentu. Cara membeli reksadana di bank Mandiri ini harus datang ke kantor cabang yang akan dilayani customer service sebab belum disediakan pembelian via online. Pertama nasabah harus mengisi formulir pembelian reksadana dan kemudian menyetor dananya lewat teller. Disediakan pula Installment Plan yakni proses pembelian reksadana secara rutin tiap bulan pada tanggal tertentu, boleh di awal ataupun di akhir bulan selama jangka waktu yang sudah ditentukan. Nantinya dana diambilkan dari saldo rekening tabungan secara otomatis.

Jika ingin melakukan pembelian reksadana lagi, prosesnya juga harus melewati customer service. Disarankan untuk datang ke cabang bank Mandiri pagi hari saat baru buka sehingga nasabah bisa menggunakan NAB (nilai aktiva bersih) dari reksadana yang akan dibelinya. Sedangkan bila ingin menjual reksadana yang dimiliki atau istilahnya redemption, cukup dengan melengkapi form penjualan lewat customer service dan dana hasil penjualan akan otomatis dikirimkan ke rekening tabungan nasabah. Nasabah yang membeli reksadana pun setiap bulannya akan dikirimi statement yang berisi perkembangan unit penyertaan reksadana yang dimilikinya. Pengiriman dilakukan lewat pos meski kadang agak terlambat.