Cara Beli Token Listrik Via SMS Banking Mandiri

Cara Beli Token Listrik Via SMS Banking Mandiri - Mereka yang di rumahnya menggunakan sistem listrik prabayar tentu pernah mengalami kehabisan pulsa dengan ciri khasnya buzzer meteran listrik yang berbunyi terus menerus meminta untuk diisi ulang. Memang sekarang ini pemerintah dalam hal ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) sedang menggalakkan penggunaan sistem listrik prabayar yang memiliki beberapa kelebihan.
Kelebihan pertama adalah konsumen lebih bisa mengontrol penggunaan listrik di rumahnya. Lewat meteran prabayar tersebut pelanggan bisa memonitor penggunaan daya listrik setiap harinya. Pada unit meteran prabayar tercantum sisa penggunaan kWh terakhir. Jika dianggap boros maka konsumen bisa mengurangi penggunaan listrik di rumah mereka. Kelebihan kedua adalah tak akan mengalami harus membayar biaya keterlambatan pembayaran jika melebihi tanggal 20 setiap bulannya atau lupa membayar di bulan lalu.

Konsumen pun tak perlu lagi diganggu kedatangan petugas pencatat meter listrik yang datang setiap bulannya. Dan kelebihan terakhir adalah konsumen bisa membeli token isi ulang pulsa listrik dimana saja termasuk membelinya menggunakan layanan SMS banking. Kebanyakan bank di Indonesia saat ini pun sudah memiliki layanan pembelian token pulsa listrik lewat fitur SMS banking. Bank Mandiri sebagai salah satu institusi bank pemerintah terbesar pun menghadirkan layanan ini. Cara beli token listrik via SMS banking Mandiri bisa dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut ini. Syarat untuk bisa memanfaatkan fitur SMS banking Mandiri, sebelumnya nasabah bank Mandiri harus mengaktifkan layanan ini di rekening mereka.

Nasabah bisa mendaftar SMS banking Mandiri di kantor cabang bank Mandiri terdekat atau mendaftar lewat ATM Mandiri. Siapkan nomer handphone yang akan difungsikan untuk bertransaksi SMS banking. Bila nasabah mendaftar di mesin ATM Mandiri mereka tetap harus ke cabang bank Mandiri agar layanan ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi perbankan termasuk pembelian token listrik prabayar. Jika layanan SMS banking Mandiri telah aktif sepenuhnya dan bisa digunakan melakukan transaksi perbankan, ikuti langkah berikut ini :

- Menggunakan nomor handphone yang telah didaftarkan, tekan kode *141*6# sehingga akan tampil pada layar beberapa pilihan menu :
  1. Favoritku
  2. Info
  3. Transfer
  4. Bayar
  5. Beli
  6. Admin
  7. e-Cash
  9. Menu sebelumnya
  0. Menu utama

- Selanjutnya pilih saja opsi nomer '4' sehingga akan tertampil pada layar pilihan menu :
  1. Telepon/HP
  2. Listrik
  3. Kartu Kredit
  4. TV Kabel
  5. Angsuran
  6. Internet
  7. Asuransi
  8. Pajak
  99. Pembayaran berikutnya
  9. Menu Sebelumnya
  0. Menu Utama

- Langkah berikutnya adalah memilih menu nomer '2' dan kemudian akan keluar pada layar pilihan menu :

  1. PLN
  2. PLN Prabayar
  3. Advice Manual
  9. Menu Sebelumnya
  0. Menu Utama

- Sesudah itu pilih menu no. '2'. Layar akan meminta nasabah mengetikkan nomor ID Pelanggan listrik prabayar. kemudian akan diberikan pilihan nominal voucher token listrik yang hendak dibeli.

- Kalau langkah di atas berhasil maka nasabah kemudian akan mendapat SMS notifikasi dari 3355 Mandiri yang berisi kode token listrik prabayar untuk diinputkan ke meteran listrik di rumah.