Begini Cara Beli Tiket Kereta Api di Alfamart

Begini Cara Beli Tiket Kereta Api di Alfamart - Saat ini masyarakat tidak usah lagi pusing-pusing harus antri dan berdesak-desakkan hanya untuk membeli tiket kereta api. Sebabnya jaringan minimarket Alfamart bersama PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan layanan pemesanan tiket kereta api bagi masyarakat luas. Semula Alfamart cuma menyediakan layanan pemesana tiket kereta api Ekonomi AC, Bisnis dan Eksekutif, namun menyusul juga tiket kereta api kelas Ekonomi. Cara beli tiket kereta api di Alfamart cukup mudah dan cepat.
Pemakai moda transportasi kereta api pun bisa membeli tiket kereta api di Alfamart untuk keberangkatan hari H sampai H+90. Maksudnya calon penumpang kereta bisa memesan tiket dengan waktu berangkat di hari pemesanan saat itu juga sampai 3 bulan ke depan. Calon penumpang kereta api tak harus lagi memesan tiket keberangkatan di stasiun, cukup mendatangi minimarket Alfamart terdekat. Persyaratannya cukup dengan membawa identitas diri calon penumpang berdasarkan kartu identitas yang dimiliki, alamat, nomor ponsel, nama kereta dan kelas, waktu berangkat, stasiun asal dan stasiun tujuan sekaligus juga jumlah kursi yang dipesan dengan paling banyak untuk 4 orang untuk setiap transaksi.

Pegawai Alfamart kemudian akan memasukkan data yang diberikan oleh calon pembeli dan mengecek ketersediaanya di aplikasi online yang terinstal di komputer Alfamart. Pihak Alfamart kemudian mengkonfirmasi ada tidaknya tiket kereta yang dipesan. Bila memang tersedia sesuai dengan yang diinginkan calon penumpang maka pemesan tinggal membayarnya plus uang administrasi Rp.6 ribu. Calon penumpang kereta boleh membayarnya secara tunai atau menggunakan kartu BCA Flazz, kartu debit BCA, kartu BNI Prepaid atau kartu Mandiri Prabayar.

Sesudah berhasil melakukan pemesanan di Alfamart maka pemesan akan memperoleh kertas struk yang berisi kode booking yang bisa ditukar dengan tiket kereta di stasiun online dimana pun. Bisa ditukarkan paling lambat 1 jam sebelum jam berangkat kereta. Ditukarkan tak mesti di stasiun keberangkatan. Misalnya konsumen yang berdomisili di Jakarta dan memesan tiket kereta balik dari stasiun Gubeng di Surabaya ke stasiun Gambir Jakarta maka bisa menukarkan struk pemesanan dari Alfamart tadi di stasiun Gambir atau di stasiun online yang lain contohnya di stasiun Senen.

Tambahan lagi bagi calon penumpang dengan umur belum mencapai 17 tahun yang artinya belum memiliki kartu identitas atau KTP maka tak diharuskan menunjukkannya. Dengan layanan menarik ini diharapkan para calon penumpang kereta api bisa menggunakannya dengan semestinya dan dapat menyesuaikan sendiri waktu pembelian tiket kereta dengan begitu mereka tak akan kehabisan kursi atau harus antri di depan loket karcis.

Jika ternyata struk pemesanan dari Alfamart hilang sebelum ditukarkan maka pemesan bisa kembali lagi ke gerai Alfamart dimana tadi membeli tiket untuk meminta ganti struk. Syaratnya cuma bisa dilakukan penumpang pertama dan harus memperlihatkan kartu identitas diri yang dipakai ketika memesan tadi.